Keluaran 10:3
Konteks10:3 Lalu Musa dan Harun pergi menghadap Firaun dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah orang Ibrani: Berapa lama lagi engkau menolak untuk merendahkan x dirimu di hadapan-Ku? Biarkanlah umat-Ku pergi supaya mereka beribadah kepada-Ku.
Ayub 9:4
Konteks9:4 Allah itu bijak a dan kuat, b siapakah dapat berkeras melawan c Dia, dan tetap selamat? d
Ayub 40:2
Konteks40:2 (39-35) "Apakah si pengecam hendak berbantah f dengan Yang Mahakuasa 1 ? g Hendaklah yang mencela Allah menjawab! h "
Ayub 40:9
Konteks40:9 (40-4) Apakah lenganmu seperti lengan Allah, q dan dapatkah engkau mengguntur r seperti Dia? s
Yesaya 13:11
Konteks13:11 Kepada dunia akan Kubalaskan p kejahatannya, dan kepada orang-orang fasik q kesalahan mereka; kesombongan orang-orang pemberani r akan Kuhentikan, dan kecongkakan orang-orang yang gagah s akan Kupatahkan. t
Yesaya 45:9
KonteksTUHAN adalah Pencipta
45:9 Celakalah orang yang berbantah a dengan Pembentuknya; b dia tidak lain dari beling periuk c saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: d "Apakah yang kaubuat? e " atau yang telah dibuatnya: "Engkau tidak punya tangan! f "
Yesaya 45:2
Konteks45:2 Aku sendiri hendak berjalan di depanmu f dan hendak meratakan g gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu h tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi. i
Yesaya 2:4
Konteks2:4 Ia akan menjadi hakim q antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit r bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; s bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, t dan mereka tidak akan lagi belajar perang.
[40:2] 1 Full Life : APAKAH SI PENGECAM HENDAK BERBANTAH DENGAN YANG MAHAKUASA?
Nas : Ayub 39:35
Sekali lagi Allah menantang Ayub untuk membuktikan anggapannya bahwa cara Allah mengatur dunia ini tidak benar.
- 1) Jikalau Ayub tidak dapat memahami bekerjanya ciptaan Allah atau tidak mengerti mengapa hal-hal terjadi demikian, bagaimana ia dapat mempersoalkan Allah tentang pengaturan hubungan antar manusia, atau bahkan tentang penderitaan yang diizinkan Allah terjadi atasnya?
- 2) Yang ditunjukkan Allah kepada hamba-Nya yang menderita ialah bahwa Dia telah menciptakan dunia dalam hikmat dan Ia memerintahnya dengan hikmat dan keadilan. Musibah yang menimpa Ayub tidak berarti bahwa Allah tidak lagi mengasihi hamba-Nya yang setia itu.
- 3) Penderitaan orang benar tidaklah menyangsikan kebaikan Allah.
Penderitaan mereka terjadi dalam kehendak Allah yang mengizinkan,
diizinkan demi maksud-Nya yang bijaksana, namun sering tidak diketahui
(lihat art. KEHENDAK ALLAH).
Keadaan yang tak menguntungkan seharusnya tidak menghancurkan iman kita pada kasih Allah bagi kita; Ia mengizinkan itu demi kebaikan kita(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]